Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita berita menarik

Selamat Datang Di Birulangitid

Friday, July 19, 2024

31 Tahun Dompet Dhuafa Melayani Masyarakat, Mengukir Berjuta Senyuman dan Menghidupkan Semangat Kebaikan

0 comments
Birulangitid-Dompet Dhuafa, pasti sudah banyak orang yang mengenal lembaga filantropi yang satu ini, bahkan tidak hanya sekedar mengenal dan tau, tetapi juga menjadi orang yang merasakan manfaat dari keberadaan lembaga filantropi ini, baik sebagai orang yang bersedekah, berinfaq, berzakat dan berwakaf atau sebagai orang yang menerima manfaat dari penyaluran zakat, infaq, sedekah dan wakaf.

Sejarahnya Dompet Dhuafa Republika sendiri merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasib dhuafa.

Dompet Dhuafa lahir dari jiwa-jiwa para jurnalis Harian Umum Republika yang tergerak untuk membantu sesama pada tahun 1993 silam. Dengan tekad mulia, pada 2 Juli 1993, hadir kolom donasi Dompet Dhuafa di halaman utama Harian Umum Republika. Tanggal tersebut kemudian tersurat sebagai hari lahirnya lembaga filantropi dan kemanusiaan Dompet Dhuafa. Setahun kemudian, Dompet Dhuafa mengantongi akta pendirian yayasan yang tercatat melalui akta No. 41 Tanggal 14 September 1994 di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, S.H, yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi yang sudah ada selama 31 Tahun telah Melayani Masyarakat dan memiliki banyak sekali program yang membarikan manfaat bagi masyarakat diantarannya adalah sebagai berikut:

1. Program Tebar Hewan Qurban

Secara pribadi saya mengenal Dompet Dhuafa karena program Tebar Hewan Qurban, yang memberikan banyak kemudahan bagi yang mau berkurban, tetapi tidak mau repot dan terjamin tepat sasaran, bahkan Hewan Qurban yang di kelola oleh Dompet Dhuafa mampu menjangkau sampai pelosok Indonesia dan sampai ke Manca Negara seperti Palestina, Miyanmar, Somalia dan Timur Leste berikut infografis sebaran Hewan Qurban Dompet Dhuafa tahun 2024/1445 H yang dikutip dari Instagram dompetdhuafaorg.
 
Sebaran Qurban
Infografis Sebaran Hewan Qurban Dompet Dhuafa Tahun 2024

2. Program Pendidikan

Program Pendidikan yang di buat oleh Dompet Dhuafa juga sangat banyak, salah satu diantaranya yang sangat terkenal apalagi ketika masih kuliah dulu adalah Beasiswa Etos atau sering disebut Etos ID. Program Etos ID ini bekerja sama dengan puluhan universitas yang merupakan program investasi SDM strategis melalui peningkatan (improvement) dan pengembangan (development) kapasitas serta integritas pemuda (mahasiswa) sebagai penggerak pembangunan daerah menuju Indonesia berdaya. Pemuda-pemuda tersebut berasal dari keluarga kurang mampu yang lulus masuk PTN program Etos ID dan berkomitmen mengikuti program Etos ID selama 4 tahun. Mereka akan mendapatkan fasilitas uang saku, biaya UKT, pemetaan minat dan bakat, capacity building, social movement, dan akan dipersiapkan untuk berkontribusi membangun daerah pasca program. Bahkan dulu saya berharapa bisa menjadi bagian dari beasiswa ini.

Program pendidikan lainnya yang menurut saya sangat cocok dengan kondisi saat ini adalah Sekolah Literasi Indonesia, apalagi ditengah rendahnya tingkat literasi bagi generasi muda saat ini. Jadi Sejak 2015 SLI telah memberi manfaat dengan mendampingi 192 sekolah dan 19 TBM yang tersebar di 20 provinsi serta 46 kota/kabupaten. Pendampingan program literasi tersebut telah menjangkau 3.816 guru selaku penerima manfaat langsung dan 35.980 siswa selaku penerima manfaat tidak langsung.

Satu lagi program pendidikan yang menurut saya sangat bermanfaat adalah SMART Ekselensia Indonesia merupakan program pendidikan formal selama 5 tahun yang terdiri dari 3 tahun SMP dan 2 tahun SMA, melalui program Sistem Kredit Semester (SKS) untuk siswa laki-laki dari keluarga kurang mampu secara finansial, tetapi berprestasi secara akademis. Sejak tahun 2004, SMART telah meluluskan 13 angkatan dengan total penerima manfaat sebanyak 717 siswa.

3. Program Wakaf

Salah satu program terkeren yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa yaitu adalah Wakaf. Program ini sangat banyak membantu perekonomian umat dan menghadirkan banyak senyuman.

Wakaf DD
Program Wakaf Dompet Dhuafa

Selain memiliki program-program yang mantap habis Dompet Dhuafa juga menjadi lembaga filantropi yang diakui karena prestasinya yang luar biasa. Pada tahun 2023 Dompet Dhuafa berhasil memborong 11 Penghargaan pada Ajang Indonesia Fundraising Award 2023 dengan katagori sebagai berikut:
  1. Lembaga Pendukung Gerakan Fundraising (Bintang 5)
  2. Fundraising Qurban Terbaik (Bintang 5)
  3. Fundraising Wakaf Produktif Terbaik (Bintang 5)
  4. Fundraiser Terbaik (Bintang 5)
  5. Fundraising Kemanusiaan Terbaik (Bintang 4)
  6. Event Fundraising Terbaik (Bintang 4)
  7. Inovasi Fundraising Terbaik (Bintang 3)
  8. Fundraising Zakat Terbaik (Bintang 3)
  9. Fundraising International Terbaik (Bintang 3)
  10. Fundraising Program Wakaf Sosial Terbaik (Bintang 3)
  11. Fundraising Infak Sedekah Terbaik 

penghargaan
Dompet Dhuafa pada IFA 2023

Intinya Dompet Dhuafa menjadi lembaga filantropi yang komplit dari segi program dan penghargaan, bahkan Dompet Dhuafa juga banyak menghasilkan tokoh-tokoh muda yang awalnya berasal dari aktif sebegai di kegiatan Dompet Dhuafa. Jadi 30 Hari Jadi Manfaat di Dompet Dhuafa memang tidak ada 1 hari pun yang terlewat untuk memberi manfaat dan terus bermanfaat.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog 31 Tahun Dompet Dhuafa Melayani Masyarakat”

No comments:

Post a Comment