Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita berita menarik

Selamat Datang Di Birulangitid

Wednesday, July 31, 2024

Beasiswa IISMA: Tujuan, Manfaat, dan Syarat Pendaftarannya Ini Detailnya

0 comments


Birulangitid-Indonesia International Student Mobility Award atau IISMA merupakan program beasiswa pendidikan ke luar negeri dari pemerintah.

Beasiswa IISMA: Tujuan, Manfaat, dan Syarat Pendaftarannya Ini Detailnya

IISMA sendiri merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Apa Itu IISMA?


IISMA adalah program beasiswa yang memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri. Ini merupakan implementasi dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Tujuan IISMA yaitu menjadi jalan bagi mahasiswa Indonesia, yang ingin menjelajahi peluang belajar di tingkat internasional.

Mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA bisa mengambil mata kuliah sesuai dengan minatnya. Asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Program ini dibuka pada tahun 2021 lalu. Dilansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi , bahkan di tahun 2024 ini, jumlah pendaftar IISMA mengalami peningkatan sebanyak 15.21.

Peserta tersebut terdiri dari 12.268 mahasiswa pendaftar untuk jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa pendaftar untuk jalur vokasi.

Dilansir laman Kemdikbud, IISMA bisa diikuti oleh mahasiswa program sarjana dan vokasi dalam dua skema yang berbeda.

IISMA Sarjana


Bagi sarjana, dibuka untuk mahasiswa aktif jenjang S1 perguruan tinggi dalam negeri di bawah Kemendikbudristek. IISMA bisa diikuti untuk mahasiswa S1 yang sedang menempuh semester 4 atau 6 saat mendaftar.

IISMA Vokas
i

IISMA vokasi dibuka untuk mahasiswa program Diploma 3 dan Diploma 4. Dengan syarat bagi Diploma 3 yang sedang menempuh semester 4 dan bagi Diploma 4 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau semester 6 di Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) di bawah naungan Kemendikbudristek.

Bagi IISMA vokasi, mahasiswa akan mendapat paparan internasional di lingkungan akademik dan industri. Mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan variasi program berbasis vokasi, sehingga memungkinkan mereka berkegiatan di industri yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA bisa mengambil mata kuliah sesuai dengan minatnya. Asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Berikut adalah hal-hal yang ditanggung beasiswa IISMA, meliputi:

  • Biaya pendaftaran dan pendidikan.
  • Asuransi kesehatan.
  • Biaya tunjangan hidup.
  • Biaya penerbangan.
  • Visa.

Manfaat Beasiswa IISMA

Program beasiswa IISMA memiliki berbagai manfaat bagi mereka yang mengikutinya. Adapun manfaat beasiswa IISMA adalah sebagai berikut.

  • Memberikan hak dan kesempatan untuk mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan.
  • Memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri.
  • Mengembangkan diri mahasiswa sesuai dengan hal yang diminati.
  • Program beasiswanya bisa disetarakan hingga 20 SKS.
  • Memperluas relasi dengan mahasiswa luar negeri.
  • Mendapatkan uang saku untuk biaya hidup selama di luar negeri.

Syarat Pendaftaran IISMA

Mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik dan dokumen untuk pendaftaran IISMA, yaitu:

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0
  • Persyaratan Bahasa Inggris dibuktikan dengan skor TOEFL iBT (minimum 78 untuk sarjana dan 60 untuk vokasi), IELTS (minimum 6.0), Duolingo English Test (minimum 100 untuk sarjana dan 95 untuk vokasi), atau TOEIC (minimum 605 untuk vokasi).
  • Transkrip akademik selama mengikuti kegiatan perkuliahan dalam format bahasa Inggris.
  • Surat pernyataan perihal mobilitas, yakni surat pernyataan belum pernah melakukan mobilitas internasional secara fisik/luring.
  • Surat pernyataan bebas narkoba dan zat adiktif lainnya.
  • Surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam kekerasan seksual.
  • Surat rekomendasi yang telah ditandatangani oleh Kepala Urusan Internasional atau Wakil Rektor bagian Akademik.

Calon peserta bisa melihat daftar universitas mitra dan mata kuliah yang ditawarkan melalui situs iisma.kemdikbud.go.id. Untuk mendaftar, mahasiswa perlu mengisi borang pendaftaran beserta dokumen persyaratan di platform IISMA. Setelah itu, mengikuti seluruh rangkaian seleksi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dengan dimulainya periode pendaftaran program, calon peserta sudah bisa melakukan registrasi akun dan mengisi formulir pendaftaran.

IISMA menjadi landasan krusial dalam rangKA mempersiapkan generasi muda Indonesia, untuk menghadapi revolusi industri 4.0 serta tantangan-tantangan global.

No comments:

Post a Comment